ANALISIS PEMETAAN SK-KD
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/ Program : XI / IPA/IPS
Semester/Th Pelajaran : Gasal 2011-2012
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tingkat Ranah KD | Indikator | Tingkatan Ranah IPK | Materi | Ruang Lingkup | Waktu |
1. Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan nonsastra maupun sastra dalam berbagai ragam bahasa jawa. khotbah, pembicaraan dalam wawancara dan musyawarah dalam berbagai ragam bahasa Jawa. | a. Mendengarkan sambutan atau khotbah secara langsung atau rekaman b. Mendengarkan pembicaraan dalam wawancara secara langsung atau rekaman c. Mendengarkan geguritan secara langsung atau melalui rekaman | C 2 C 2 C 1 | 1) Mengidentifikasi pokok-pokok isi sambutan yang didengarkan 2) Menyampaikan secara lisan isi sambutan yang didengarkan 3) Menanggapi secara lisan isi sambutan yang didengarkan 1) Menemukan unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam wawancara 2) Mengidentifikasi tujuan wawancara 3) Menemukan isi wawancara 4) Menyampaikan secara tertulis dengan menggunakan bahasa ragam krama rangkuman isi wawancara yang didengarkan 1) Menjelaskan tema geguritan yang didengarkan 2) Menyebutkan kata-kata kias dalam geguritan yang didengarkan 3) Mengungkapkan makna yang terkandung dalam geguritan yang didengarkan 4) Menyebutkan amanat yang terkandung dalam geguritan yang didengarkan 5) Menceritakan kembali secara lisan dengan ragam krama makna geguritan yang didengar | C 2 C 2 C 2 C 3 C 2 C 3 C 1 C 1 C 1 C 3 C 1 C 2 | Sesorah (sambutan) § Teks sesorah § Pokok-pokok sesorah Wawancara § Pengertian § Unsur-unsur § Langkah-langkah melakukan wawancara § Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam wawancara Geguritan § Ciri-ciri geguritan § Teks geguritan | 1 1 1 | |
2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dab unggah-ungguh bahasa jawa. | a. Menyampaikan sambutan dalam bentuk pambagyaharja b. Berdialog sesuai dengan tingkat kesantunan c. Membahas atau mendiskusikan isi geguritan | C 1 C 1 C 3 | 1) Menyusun pokok-pokok pidato dalam berbagai ragam bahasa Jawa termasuk ragam bahasa Jawa dialek 2) Menyusun kerangka sambutan dalam bentuk pambagyaharja. 3) Mengembangkan kerangka sambutan dalam bentuk pambagyaharja sesuai dengan unggah-ungguh bahasa jawa. 4) Memiliki keberanian beridato dengan lafal intonasi dan irama sesuai dalam berbagai ragam bahasa Jawa dialek 1) Menyusun pertanyaan dialog sesuai dengan unggah-ungguh bahasa Jawa 2) Menyampaikan pertanyaan dengan pilihan kata yang sesuai dengan unggah-ungguh bahasa Jawa 3) Menjawab pertanyaan dengan pemilihan kata yang sesuai dengan unggah-ungguh bahasa Jawa. 1) Menentukan tema geguritan 2) Menemukan popok-pokok isi geguritan 3) Menemukan amanat yang terkandung dalam geguritan 4) Mengutarakan nilai-nilai geguritan berbagai ragam bahasa Jawa 5) Mengapresiasikan geguritan dalam berbagai ragam bahasa Jawa | C 1 C 1 C 5 C 2 C 1 C 1 C 3 C 3 C 3 C 3 C 1 C 3 | Sesorah pambagyaharja § Teori sesorah § Metode dan pen dekatan § Pokok-pokok sesorah § Langkah-langkah sesorah Pacelathon § Unggah ungguh bahasa jawa § Contoh pacelathon Geguritan § Pokok-pokok isi geguritan § Nilai-nilai geguritan § Contoh geguritan | 2 2 2 | |
3. Mampu membaca dan memahami bacaa sastra maupun nonsastra, berhuruf latin maupun jawa dengan berbagai keterampilan dan teknik membaca. | a. Membaca intensif paragraph deduktif dan induktif b. Membaca pemahaman wacana berhuruf jawa 15-20 kalimat. c. Nembang Macapat | C 1 C 1 C 4 | 1) Menentukan kalimat yang mengandung gagasan utama 2) Menentukan kalimat penjelas dalam paragraph dedktif dan induktif 3) Menjelaskan perbedaan paragraph dedukif dan induktif 1) Menemukan pokok-pokok isi wacana berhuruf Jawa 2) Menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi 1) Nembang macapat dengan titi laras dan intonasi yang tepat. 2) Menentukan tema tembang macapat 3) Menyebutkan amanat yang terdapat dalam tembang tersebut. | C 3 C 3 C 1 C 2 C 1 C 3 C 3 C 1 | Paragraph deduktif dan induktif § Pengertian § Contoh paragraf deduktif dan induktif Aksara jawa § Aksara jawa § Pasangan § sandhangan Tembang macapat § jenis tembang § titi laras § contoh tembang | 3 3 3 | |
| a. Menulis wacana sederhana dengan mempertimbangkan kalimat utama b. Menulis wacana sederhana menggunakan huruf jawa c. Menulis syair tembang macapat | C 1 C 1 C 1 | 1) Menentukan tema 2) Menentukan kalimat utama 3) Mengembangkan kalimat utama menjadi sebuah paragraf 1) Menulis dengan aksara legena secara benar 2) Menulis dengan angka jawa secara benar 3) Menulis dengan aksara sandhangan secara benar 4) Menulis dengan aksara pasangan secara benar 5) Menulis dengan aksara murda secara benar 6) Mengubah tulisan latin menjadi sebuah wacana berhuruf jawa dengan benar. 1) Menentukan tema tembang macapat 2) Menentukan guru gatra tembang macapat 3) Menentukan guru wilangan tembang macapat 4) Menentukan guru lagu tembang macapat 5) Menentukan watak tembang macapat | C 3 C 3 C 5 C 1 C 1 C 1 C 1 C 1 C 2 C 3 C 3 C 3 C 3 C 3 | Paragraf deduktif lan induktif § Penjelasan tentang kalimat utama dan penjelas Aksara jawa § Aksara jawa § Pasangan § Sandhangan § Aksara angka § Aksara murda Tembang macapat § Pathokan tembang § Watak tembang § Contoh tembang | 4 4 4 |
Keterangan :
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Jawa mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis
Semarang, September 2011
Guru Mata Pelajaran Guru Praktik
Ika Pujiastuti, S.Pd Vicky Ismah
NIP 19741006 200903 2 001 NPM 08430245
ANALISIS PEMETAAN SK-KD
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/ Program : XI / IPA/IPS
Semester/Th Pelajaran : Genap 2011-2012
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tingkat Ranah KD | Indikator | Tingkatan Ranah KD | Materi | Ruang Lingkup | Waktu |
1. Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan nonsastra maupun sastra dalam berbagai ragam bahasa jawa. khotbah, pembicaraan dalam wawancara dan musyawarah dalam berbagai ragam bahasa Jawa. | a. Mendengarkan kegiatan musyawarah yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman b. Mendengarkan tembang macapat yang disampaikan secara langsung atau berupa rekaman | 1) Mencacat pokok-pokok pembicaraan. 2) Merangkum isi pembicaraa ke dalam beberapa kalimat 3) Menanggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan atau dukungan 1) Menjelaskan tema tembang yang didengarkan 2) Menyebutkan kata-kata kias dalam geguritan yang didengarkan 3) Mengungkapkan makna yang terkandung dalam tembang yang didengarkan 4) Menyebutkan amanat yang terkandung dalam tembang yang didengarkan 5) Menceritakan kembali secara lisan dengan ragam krama makna tembang yang didengar | Mendengarkan Musyawarah § Pokok-pokok musyawarah § Contoh kegiatan musyawarah Tembang Macapat § Tema § Pitutur | ||||
2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dab unggah-ungguh bahasa jawa. | Membahas atau mendiskusikan isi tembang macapat | 1) Mengutarakan nilai-nilai yang terkandung dalam tembang macapat dalam berbagai ragam bahasa jawa. 2) Mengapresiasikan tembang macapat dalam berbagai ragam bahasa jawa. 3) Mendiskusikan isi tembang macapat. 4) Menemukan amanat tembang macapat. | Tembang Macapat § Nilai-nilai tembang § Amanat tembang | ||||
3. Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf latin maupun jawa dengan berbagai keterampilan dan teknik membaca. | a. Membaca nyaring naskah pidato b. Nembang campursari | 1) Mendengarkan pokok-pokok isi pidato 2) Membaca teks pidato dengan lafal dan intonasi yang sesuai dengan unggah ungguh basa jawa. 1) Menemukan tembang campursari 2) Menyebutkan isi tembang 3) Menyebutkan nilai yang terdapat dalam tembang 4) Menyebutkan amanat yang terdapat dalam tembang campursari tersebut | Pidato § Contoh teks pidato § Bagian-bagian pidato § Wicara,wirama,wirasa, wiraga Tembang Campursari | ||||
4. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra menggunakan berbagai ragam bahasa jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf jawa. | a. Menulis wacana persuasi dalam bentuk naskah pidato. b. Menulis parikan dan atau wangsalan | 1) Menentukan tema pidato 2) Menemukan popok-pokok isi pidato 3) Menentukan isi wacana yang bersifat mengajak (persuasi) 4) Mengembangkannya kedalam naskah pidato sesuai dengan unggah-ungguh bahasa jawa. 1) Mengetahui perbedaan antara parikan dan wangsalan 2) Menulis kejadian sehari-hari dalam betuk parikan dan wangsalan 3) Mengaplikasikan parikan dan wangsalan dalam bentuk tembang macapat | Karangan persuasi § Jenis Karangan § Langkah menulis karangan persuasi Parikan Dan Wangsalan § Perbedaan parikan dan wangsalan § Contoh parikan dan wangsalan |
Keterangan :
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Jawa mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis
Semarang, September 2011
Guru Mata Pelajaran Guru Praktik
Ika Pujiastuti, S.Pd Vicky Ismah
NIP. 197410062009032001 NPM.08430245
Tidak ada komentar:
Posting Komentar